Pengertian, Jenis Dan Contoh Campuran

By On Rabu, Juli 7th, 2021 Categories : Pendidikan

Apakah Anda sudah mengetahui tentang pengertian, jenis, dan contoh campuran beserta hal – hal lainnya terkait. Untuk selanjutnya marilah menyimak ulasan singkat tersebut di bawah ini.

Pengertian, Jenis Dan Contoh Campuran

Pengertian, Jenis Dan Contoh Campuran

Pengertian Campuran

Yang dimaksud dengan campuran adalah bahan – bahan materi yang terdiri dari dua jenis zat atau beberapa dimana masing – masing bahan materi yang bersangkutan mempunyai sifat – sifat asli / bersumber langsung dari zatnya. Secara garis besar, campuran bisa disusun atas beberapa senyawa atau unsur.

Beberapa dari komponen penyusun terhadap sebuah campuran wajib dipisah – pisahkan berdasarkan atas sifat Fisika dari zat – zat penyusunnya dimana dalam hal ini campuran memiliki dua jenis yaitu yang bersifat ‘homogen’ dan ‘heterogen’.

Campuran homogen merupakan salah satu campuran yang memiliki sifat serba sama terdapat di seluruh bagian suatu proses untuk selanjutnya membentuk sebuah fasa.

Contohnya adalah udara. Udara memiliki susunan atas beberapa campuran senyawa antara lain H2, CO2, N, O2 dan reaksi lainnya.

Sehingga membutuhkan cara tersendiri guna membedakan antara masing – masing komponen. Contoh yang lebih nyata adalah campuran yang terdiri atas gula dengan air dan teh yang sudah diaduk dan disaring, atau garam dapur dengan air.

Campuran homogen dikenal dengan istilah larutan dimana larutan merupakan salah satu jenis campuran homogen antara zat – zat terlarut / ‘solute’ dengan zat pelarut / ‘solvent’.

Campuran heterogen merupakan campuran yang bersifat tidak serba sama dimana campuran ini akan membentuk dua buah fase atau lebih dan terdapat batas – batasan yang jelas diantara fase – fase yang dimaksud.

Contoh dari campuran heterogen adalah alkohol dan air yang membentuk sebuah campuran, campuran kapur dengan pasir, campuran serbuk besi dengan karbon dan yang lainnya.

Jenis Dan Contoh Campuran

1. Campuran Homogen

Campuran jenis ini tersusun atas dua buah bagian atau bisa dari beberapa zat dan senyawa yang hampir sebagian di dalamnya memiliki sifat dan susunan lama.

Larutan ini terdiri atas pelarut yang bersifat ‘solvent’ dan yang kedua adalah zat pelarut yang bersifat ‘solute’.

Di dalam sebuah campuran yang bersifat homogen hampir semua bagian di dalamnya adalah bersifat serba sama sehingga komponen – komponen penyusun di dalamnya sulit untuk dibedakan.

Contoh dari campuran homogen adalah :

  • Larutan garam / campuran garam dengan air.
  • Larutan gula / campuran antara gula dengan air.
  • Air Aki / larutan yang terdiri atas zat asam sulfat.
  • Air cuka dapur.
  • Udara yang banyak ada di permukaan bumi.
  • Larutan alkohol sekitar 70 persen.

2. Campuran Heterogen

Yang dimaksud dengan campuran heterogen adalah salah satu jenis campuran yang bersifat serba ragam dimana di dalamnya tersusun atas materi yang antara satu dengan lainnya saling tidak berinteraksi sehingga anda dapat dengan mudah mengamati dengan jelas dari mana materi penyusun campuran yang bersangkutan berasal / bersumber.

Campuran heterogen tidak membutuhkan komposisi yang bersifat tetap seperti halnya senyawa, apabila anda hendak mencampurkannya terhadap dua materi atau lebih maka akan terjadi sebuah campuran.

Contoh Campuran Heterogen

Kami dapat memberikan contoh campuran heterogen untuk memudahkan anda mengerti tentang campuran heterogen antara lain campuran minyak dan air, anda bisa melihat yang mana saja bagian dari minyak dan yang mana bagian dari air dengan menggunakan indera penglihatan / fungsi mata. Perhatikan pula segelas susu yang sering anda konsumsi setiap hari terdiri atas beberapa macam zat yaitu berupa protein, karbohidrat, vitamin C, E, dan mineral serta lemak.

Nah itulah ulasan singkat tentang pengertian dan jenis – jenis campuran beserta dengan contohnya masing – masing dalam hubungannya dengan Ilmu Kimia.

Semoga dapat menambah wawasan dan memberikan dorongan berupa pemahaman dan pengertian terhadap ilmu pengetahuan yang bersangkutan bagi para pembaca.

Pengertian, Jenis Dan Contoh Campuran | koollemon | 4.5